Aplikasi Sismiop PBB

Aplikasi Sismiop PBB adalah program yang dicanangkan oleh pemerintah melalui departemen keuangan, dimaksudkan untuk lebih mentertibkan kembali sistem perpajakan melalui pembenahan administratif. Oleh karenanya aplikasi Sismiop ini dilakukan berdasarkan pada disahkannya Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Petunjuk Pelaksanaan DIPA tahun anggaran 2007 Nomor SP : 0001.0/062-03.0/-/2007 s.d. Nomor SP : 0026.0/062-03.0/-/2007 dan Nomor SP : 0028.0/062-03.0/-/2007 s.d. Nomor SP : 0034.0/062-03.0/-/2007 tanggal 31 Desember 2006 dan Surat Edaran Direktur Jenderal Pajak Nomor SE-01/PJ.12/2007 tanggal 5 Januari 2007 tentang Petunjuk Pelaksanaan Daftar Alokasi Sementara Biaya Pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan Tahun Anggaran 2007, khususnya pelaksanaan di unit kerja Bidang PBB dan BPHTB, Bidang Kerjasama Ekstensifikasi dan Penilaian,Kantor Pelayanan PBB dan KPP Pratama.

aplikasi-sismiop-djp

Dalam proses pengalihan PBB P2 nanti Pemda perlu memahami bahwa tidak semua perangkat pendukung SISMIOP akan diserahkan. Pemda perlu menginvestasikan beberapa perangkat IT agar SISMIOP tersebut dapat berjalan dengan baik. Pemerintah pusat hanya akan memberikan beberapa software seperti pada gambar berikut ini sisanya Pemda harus mengadakannya sendiri.

Peralihan Pajak PBB dan BPHTB ke daerah memberikan sumber pendapatan bagi pemerintah daerah yang lebih baik jika dibandingkan dengan mekanisme sebelumnya. Tetapi pendaerahan ini akan menjadi bumerang bagi daerah jika tidak mampu melaksanakannya atau salah dalam mengambil keputusan terhadap penggunaan sistem. Sistem harus dipilih yang berorientasi jangka panjang, bukan hanya fokus pada solusi masalah jangka pendek. Program Aplikasi Pengelolaan PBB & BPHTB kami merupakan salah satu solusi bagi instansi yang berkaitan dalam mengelola PBB dan BPHTB baik dari sisi administrasi, layanan dan sampai pada pembayaran (payment).

Kami juga menyediakan jasa pelatihan Sismiop dan training pajak PBB-P2. Kami PT CENDANA TEKNIKA UTAMA KOTA MALANG memberikan pelayanan dari mulai pengadaan hardware server, printer cetak massal, komputer PC pelayanan, konfigurasi jaringan LAN, Sistem operasi original yang digunakan untuk menginstal Aplikasi SISMIOP. Aplikasi SISMIOP bisa menggunakan versi DJP atau kustom aplikasi sendiri yang sudah support web, sehingga bisa diakses dari internet. SISMIOP menggunakan database Oracle yang diinstal di komputer server dengan sistem operasi Windows Server 2008. Selain itu kami juga menyediakan jasa pelatihan Sismiop dan training pajak PBB-P2.