Form Tambah Blok SIMPBB

Tutorial Pembuatan Tabel Blok SIMPBB

Pembuatan Tabel Blok termasuk salah satu tahap awal dari Pembuatan ZNT (Zona Nilai Tanah). Tahap Persiapan dari Kegiatan Pendataan ini dimulai dari Pembuatan ZNT. Kegiatan Pendataan Objek dan Subjek Pajak PBB bertujuan untuk menciptakan data yang akurat dan terbaru dengan mengintegrasikan semua aktifitas administrasi PBB sehingga pelaksanaannya dapat lebih seragam, cepat dan efisien.

Proses Pembuatan Tabel Blok terdiri dari proses :

1. Perekaman data kode blok dan Status Peta didalam satu kelurahan Yaitu pada pengisian Tabel Blok dan Status Peta tidak dapat melakukan untuk merubah data yang sudah ada, hanya dapat digunakan untuk merekan perubahan data yang sudah ada, yang disebabkan oleh :

a. Adanya perubahan identifikasi Objek Pajak.

b. Perubahan pada batas blok suatu kelurahan atau desa.

Untuk proses ini perekaman Tabel Blok dan status peta sangat penting untuk melihat perubahan pada kode blok suatu daerah sehingga batas suatu wilayah dapat diketahui.

2. Penghapusan data kode blok didalam satu kelurahan yaitu dilakukan jika pada data kode blok dan Status Peta terdahulu terdapat kesalahan input data, sehingga dilakukan proses penghapusan kode blok dan status peta.

3. Pemutakhiran Status Peta, setiap Blok pada suatu kelurahan.

Artikel berjudul Tutorial Pembuatan Tabel Blok SIMPBB kali ini akan mengulas tentang Pembuatan Tabel Blok di Aplikasi Pajak Online SIMPBB produk Aplikasi Pemda.

Berikut Tutorial Pembuatan Tabel Blok SIMPBB:

Pertama-tama pastikan anda sudah masuk/login ke dalam aplikasi. Klik menu Pendataan, akan muncul menu yang berisi menu Persiapan, Pendataan Obyek Pajak, Laporan Pendataan OP dan SISTEP. Klik menu Persiapan kemudian klik Pembuatan ZNT.

Menu Pembuatan Tabel Blok SIMPBB

Untuk mengelola blok, klik menu Pembuatan Tabel Blok, maka akan muncul pilihan Kecamatan dan Kelurahan pada kolom sebelah kanan.

Filter Pembuatan Tabel Blok SIMPBB

Pilih kecamatan dan kelurahan yang anda kehendaki kemudian klik tombol GO!. Akan muncul Tabel berisi Kode Blok, Status Peta dan Aksi sesuai dengan Kecamatan dan Kelurahan yang anda pilih. Anda dapat menghapus blok dengan klik simbol silang pada kolom aksi atau mengubah status peta dengan klik simbol centang.

Tabel Blok SIMPBB

Jika anda ingin menambahkan blok pada tabel blok, klik tombol Tambah kemudian akan muncul form seperti gambar di bawah.

Form Tambah Blok SIMPBB

Pilih Kecamatan dan Kelurahan yang dikehendaki, isi Kode Blok dan pilih Status Peta kemudian klik Simpan untuk menyimpan blok.

Demikian Tutorial Pembuatan Tabel Blok SIMPBB kali ini, terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel-artikel kami. Untuk mencoba tutorial ini anda bisa menggunakan aplikasi anda atau mencoba demo aplikasi kami. Jika ada pertanyaan maupun saran silahkan tulis di kolom komentar di bawah ya 🙂

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *