Daftar User dan Role SIMPBB

Tutorial Administrasi Pemakai SIMPBB

Fungsi dari menu administrasi pemakai adalah untuk mengelola user, role serta hak akses user, suatu hal mendasar yang harus ada pada aplikasi yang berjalan online. Artikel berjudul Tutorial Administrasi Pemakai SIMPBB ini akan membahas tentang fungsi-fungsi menu Administrasi Pemakai pada Aplikasi Pajak Online SIMPBB (Sistem Informasi Manajemen PBB) produk Aplikasi Pemda.

Berikut Tutorial Administrasi Pemakai SIMPBB:

Untuk mengaksses menu administrasi pemakai, anda perlu untuk masuk/login ke Aplikasi Pajak Online SIMPBB. Kemudian klik menu File di kolom sebelah kiri, akan keluar menu-menu seperti Administrasi Pemakai, Administrasi Akses, Administrasi Role, Ganti Password dan Logout.

Tutorial Administrasi Pemakai SIMPBB 1

Klik menu Administrasi Pemakaai dan akan muncul daftar pengguna/user yang dapat mengakses Aplikasi Pajak Online SIMPBB beserta rolenya sebagai apa. Jika anda mempunyai banyak user di dalam aplikasi, anda dapat memfilter user melalui Nama Login, NIP atau Role user yang sedang anda cari. Selain itu, anda juga bisa melakukan edit user dengan klik simbol pensil atau hapus dengan klik simbol silang di kolom aksi.

Tutorial Administrasi Pemakai SIMPBB 2

Untuk menambah user silahkan klik menu Tambah dan akan muncul form seperti di bawah ini. Isi sesuai dengan data-data yang anda kehendaki kemudian klik simpan untuk menyimpan user dalam database.

Tutorial Administrasi Pemakai SIMPBB 3

Klik menu Administrasi Akses di bawah menu Administrasi Pemakai untuk menampilkan daftar menu-menu yang diakses beserta url-nya. Di sini anda dapat menambah, edit, hapus dan filter akses menurut ID atau Nama Akses.

Tutorial Administrasi Pemakai SIMPBB 4

Klik tombol Tambah untuk menambah daftar akses, akan muncul form seperti di bawah ini. Isi sesuai data-data yang anda kehendaki.

Tutorial Administrasi Pemakai SIMPBB 5

Selanjutnya, apabila anda klik menu Administrasi Role, maka akan muncul daftar user/pengguna yang diijinkan mengakses aplikasi sesuai dengan role yang telah ditentukan. Jika anda mendapatkan hak akses, anda dapat mengedit, hapus serta menambah role di menu ini.

Tutorial Administrasi Pemakai SIMPBB 6

Form di bawah ini digunakan untuk menambah data role. Silahkan mengisi Role ID, Nama Role, Deskripsi kemudian memilih Hak Akses yang dibutuhkan oleh user tersebut dengan klik (+), kemudian klik Simpan untuk menyimpan Role.

Tutorial Administrasi Pemakai SIMPBB 7

Anda dapat mengganti password anda dengan klik menu Ganti Password. Akan muncul form di bawah ini dan isi sesuai dengan password yang anda kehendaki. Jangan lupa untuk mencoba password baru anda dengan klik menu Logout untuk keluar dari aplikasi dan login/masuk kembali dengan menggunakan password baru anda. Jika terdapat kesulitan untuk login, silahkan hubungi admin yang berwenang untuk mengganti password anda.

Tutorial Administrasi Pemakai SIMPBB 8

Demikian Tutorial Administrasi Pemakai SIMPBB yang bisa kami jabarkan pada artikel ini, nantikan tutorial-tutorial kami selanjutnya yang akan selalu kami update di blog ini. Untuk mencoba fungsi-fungsi dari menu Administrasi Pemakai Aplikasi Pajak Online SIMPBB kami silahkan kunjungi Demo Page Aplikasi Pemda. Jika ada pertanyaan atau saran silahkan tulis di kolom komentar di bawah, terima kasih 🙂

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *